Jumat, 20 Oktober 2017

Pengaruh Penerapan Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Pemakaian Jasa Danamon Cabang Lhoksumawe

Pengaruh Penerapan Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Pemakaian Jasa
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pada saat ini dunia perbankan di Indonesia memasuki masa persaingan yan6 sangat kompetitif. Hal ini disebabkan banyaknya bank yan6 beroperasi di Indonesia baik yan6 beroperasi secara lokal maupun yan6 beroperasi berskala internasional. Sektor perbankan memiliki peran yan6 strategis dalam memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dewasa ini, bank-bank yan6 mampu bertahan melewati masa krisis moneter maupun bank-bank yan6 baru beroperasi mulai berlomba-lomba untuk memberikan layanan yan6 terbaik kepada nasabahnya melalui berbagai macam produk perbankan seperti produk dana, produk pinjaman atau produk jasa lainnya. Pada pasar kredit perbankan, bank memiliki beberapa jenis kredit yan6 umum ditawarkan kepada nasabah antara lain kredit: korporasi, kredit modal kerja, investasi, kredit konsumtif, dan kredit mikro.

Bank merupakan lembaga keuangan yan6 memiliki peranan yan6 sangat penting, dimana dalam kegiatannya bank sebagai penghimpun dana masyarakat (funding) dalam bentuk Giro, Tabungan dan Deposito yan6 dana tersebut disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Salah satu aktivitas perbankan adalah menghimpun dana dari masyarakat luas adalah berupa  simpanan  tabungan,  yaitu  merupakan  aktivitas  perbankan dalam menghimpun dana masyarakat dengan syarat-syarat tertentu bagi pemegangnya, dan persyaratan masing-masing bank berbeda, tujuan nasabah menyimpan uang di rekening tabungan juga berbeda. Nasabah perbankan  saat  ini  memiliki  kedudukan  sebagai  salah  satu kekuatan kompetitif melalui daya tawarnya. Daya tawar nasabah menjadi sangat penting, karena merekalah yan6 memiliki kebutuhan dan keinginan. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan itu, mereka jugalah  yan6 yan6 mempunyai sarana pembelian (waktu  dan uang), dalam menentukan pilihan dan mengambil minat.

Dewasa  ini, tuntutan masyarakat  terhadap dunia perbankan  semakin meningkat,  dimana  masyarakat  tidak  hanya  memandang  sebuah  bank  sebagai sarana untuk menyimpan  uang yan6 lebih aman,  namun lebih dari itu, mereka mengharapkan  hasil investasi  yan6 lebih tinggi, sehingga  menciptakan  suasana persaingan antar bank dalam penggalangan dana nasabah yan6 semakin ketat dan di sisi lain pemerintah membatasi bank dalam memberikan  suku bunga produk simpanan tidak melebihi bunga perjanjian Bank Indonesia.

Faktor-faktor strategi promosi merupakan satu kesatuan yan6 tidak dapat berdiri sendiri, dan saling terkait antara satu dan lainnya, sehingga dapat mencapai tujuan dalam mempertahankan dan menarik para nasabah. Jadi, perusahaan atau organisasi tidak hanya sekedar memilih kombinasi yan6 terbaik saja, tetapi jaga harus mengkoordinir barbagai macam elemen dari strategi promosi tersebut untuk melaksanakan  aktivitas perbankan secara efektif. Strategi promosi adalah alat perusahaan untuk memperoleh respon yan6 diinginkan dari pasar sasaran, tetapi yan6  terlebih  penting  lagi bagaimana memahami  strategi promosi dari sudut pandang atau persepsi nasabah. Dari perspektif PT Danamon Cabang Lhoksumawe, strategi promosi merupakan  jalan keluar bagi masalah nasabah, biaya yan6 harus dikeluarkan oleh nasabah untuk memperoleh pelayanan yan6 menyenangkan, rasa aman, nyaman dan komunikasi yan6 baik dari PT Danamon Cabang Lhoksumawe  dalam meningkatkan minat nasabah untuk menabung.

Bank sebagai lembaga keuangan yan6 memberikan jasa keuangan membutuhkan strategi promosi untuk memasarkan produknya. Di samping itu bank harus mengetahui lingkungan pemasarannya, strategi promosi yan6 dilakukan meliputi iklan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjalan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (Publisitas). Khusus untuk perusahaan jasa ditambah strategi People, Process dan Customer Service dengan strategi yan6 kita kenal sebagai bauran promosi (marketing mix. Pada dasarnya bauran promosi menunjukkan faktor-faktor yan6 perlu dipertimbangkan saat menentukan strategi promosi suatu perusahaan jasa khusunya bank. Titik awal untuk membuat segala keputusan tentang bauran promosi tergantung bagaimana  jasa harus diposisikan dan segmen pasar yan6 dituju. Faktor-faktor tersebut merupakan satu – kesatuan yan6 tidak dapat berdiri sendiri, dan saling terkait antara satu dan lainnya, sehingga dapat mencapai tujuan dalam mempertahankan dan menarik para nasabah.

Danamon merupakan perusahaan yan6 bergerak di bidang perbankan yaitu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yan6 memilki cabang diseluruh daerah di indonesia. Banyaknya jumlah penduduk Aceh khususnya penduduk yan6 berdomisili dan melakukan transaksi usaha di  menjadi salah satu alasan Danamon untuk membuka kantor cabang di . Dalam  meningkatkan  citra  PT. Danamon Cabang Lhoksumawe sebagai lembaga keuangan perbankan, maka salah satu upaya yan6 dilakukan adalah dengan melakukan strategi promosi yan6 dapat mempengaruhi minat nasabah bank, sebab dengan strategi promosi yan6 sesuai dengan manfaat dan dapat mempengaruhi minat nasabah maka akan dapat meningkatkan keinginan nasabah memakai jasa PT. Danamon Cabang Lhoksumawe.

Melihat kondisi di atas maka penting bagi PT. Danamon mempunyai   strategi promosi yan6 tepat bagi pemasaran jasa perbankan,  dengan program-program  promosi tersebut dapat dilakukan usaha meningkatkan usaha-usaha atau kebijakan PT. Danamon, dengan strategi pomosi yan6 baik akan dapat meningkatkan  minat nasabah untuk memakai jasa pada PT. Danamon. Oleh karena itu untuk melihat apakah program-program pomosi atau kegiatan-kegiatan yan6 telah dilakukan sudah efektif maka perlu dilakukan penelitian  yan6 akan menganalisis persepsi nasabah  tentang  strategi promosi dan pengaruhnya terhadap minat nasabah. Dengan mengetahui bagaimana persepsi nasabah tentang strategi promosi maka akan memberikan masukan bagi bagian marketing PT. Danamon untuk membuat program-program  perbankan yan6 dapat meningkatkan strategi promosi sehingga dapat mempengaruhi minat nasabah dan meningkatkan jumlah nasabah yan6  aktif menabung dengan  tujuan  untuk  mencegah terjadinya menurunnya jumlah  nasabah yan6  menggunakan jasa PT. Bank Danamon di masa yan6 akan datang. Oleh sebab itu penulis sangat berkeinginan untuk meneliti menyan6kut strategi promosi perbankan karena  merupakan salah satu kabupaten yan6 minim perusahaan besar berkelas nasional selain hanya perbankan saja.

Strategi promosi yan6 selama ini dilakukan oleh  PT. Bank Danamon Cabang Lhoksumawe bisa dikatakan sudah bagus, dimana penulis selama ini melihat dari kegiatan promosi yan6 dilakukan oleh PT. Bank Danamon Cabang Lhoksumawe seperti pemberian hadiah keberuntungan kepada nasabah, menjadi salah sponsor dalam kegiatan-kegiatan penting, mensosialisasikan produk tabungan melalui radio dan lain sebagainya. Dari kegiatan yan6 telah dilakukan selama ini maka penulis dapat memahami bagaimana strategi promosi yan6 dilakukan oleh PT. Bank Danamon Cabang Lhoksumawe.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka penulis tertarik mengangkat judul penelitian tentang “Pengaruh Penerapan Strategi Promosi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Pemakaian Jasa Danamon Cabang Lhoksumawe

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan yan6 dikemukakan di atas maka penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut:
  1. Bagaimana pengaruh strategi promosi yan6 terdiri dari iklan, penjualan perorangan, promosi penjalan dan hubungan masyarakat terhadap minat nasabah memakai jasa PT. Danamon Cabang Lhoksumawe?
  2. Manakah diantara variabel-variabel yan6 diteliti berpengaruh paling dominan terhadap minat nasabah memakai jasa PT. Danamon Cabang Lhoksumawe? 
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalan penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui pengaruh strategi promosi yan6 terdiri dari iklan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjalan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (Publisitas) terhadap minat nasabah memakai jasa PT. Danamon Cabang Lhoksumawe.
  2. Untuk mengetahui diantara variabel-variabel yan6 diteliti berpengaruh paling dominan terhadap minat nasabah memakai jasa PT. Danamon Cabang Lhoksumawe. 
1.4 Kegunaan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
  1. Bagi peneliti, sebagai sarana dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yan6 diperoleh selama perkuliahan.
  2. Bagi peneliti lain, sebagai referensi ataupun acuan dalam pengembangan penelitian selanjutnya.
  3. Bagi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Univarsitas Syiah Kuala, sebagai referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam analisis strategi promosi.
  4. Sebagai bahan masukan bagi PT. Danamon Cabang Lhoksumawe dalam menentukan strategi promosi untuk perkembangan operaional perbankan demi mencapai profit.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Jasa Dalam konsep pemasaran modern telah dikatakan bahwa titik tolak dari kegiatan pemasaran ialah mengetahui kebu...