Jumat, 20 Oktober 2017

Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli

Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan dalam perekonomian tersebut, perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran yan6 tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar dan mampu memanfaatkan kesempatan yan6 ada. Pemasaran merupakan salah satu faktor penting dalam proses kegiatan perusahaan, di mana kegiatan pemasaran secara langsung mengarahkan pada pencapaian tujuan perusahaan yan6 salah satunya adalah peningkatan Keputusan Pembelian yan6 ujung-ujungnya memperoleh sejumlah laba yan6 optimal, sehingga dapat dikatakan bahwa laba diperoleh suatu perusahaan merupakan pencerminan dari keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan itu sendiri.

Salah satu upaya yan6 ditempuh oleh perusahaan dalam meningkatkan Keputusan Pembelian adalah perlunya ditunjang strategi pemasaran melalui orientasi bauran pemasaran yan6 meliputi produk, harga, harga, dan distribusi. Dari keempat variabel dalam bauran pemasaran tersebut yan6 menjadi salah satu titik tolak adalah harga. Penentuan harga bertujuan untuk mendorong penjualan dalam pemasaran suatu barang dan jasa, dan juga bersaing dalam usaha untuk meningkatkan Keputusan Pembelian. Berpijak pada pengalaman tentang strategi perusahaan sering menerapkan bauran pemasaran dalam kegiatan bisnisnya, maka penulis mencoba meneliti hal masalah yan6 berbeda yaitu tentang proosi dan jaminan. Alasan melakukan penelitian yan6 menyan6kut tentang peran dari kedua faktor yaitu promosi dan jaminan karena penelitian ini terfokus pada toko Ari Prima elektronik.

Jasa yan6 dimaksud adalah setiap jasa tempahan rak aluminium yan6 berada di Kota Sigli. Penulis pernah memerhatikan dan mengalami bagaimana perjalanan yan6 di tempuh oleh para penggiat usaha jasa tempahan rak. Dari pantauan penulis, banyak kendala yan6 dihadapi oleh para pengusaha tempahan, dari kurangnya modal usaha dan terbatasnya konsumen atau pelanggan disebabkan kerana ketidakberdayaan pengusaha dalam mengkoordinir usahanya. Beberapa tahun kebelakang penulis juga memperhatikan laju perkembangan usaha tempahan yan6 mulai meranjak maju, itu semua tak lepas dari pada peran pemilik serta karyawan usaha masing-masing. Penulis pernah mewancara dengan salah satu pemilik usaha tempahan yan6 berada di Kota Sigli tentang bagaimana laju perkembangan usaha dua tahun kebelakang. Timbul jawaban dari pemilik dan karyawan bahwa, laju perkembangan usaha tempahan sudah mulai meningkat seiring dengan bergantian tahun.

Untuk mencapai target efisiensi dan seterusnya menghasilkan keuntungan yan6 diharapkan, perusahaan melaksanakan kegiatan-kegiatan kegiatan-kegiatan yan6 dapat menarik minat pelanggan antara lain, melakukan harga dan jaminan terhadap produk, masing-masing karyawan mempunyai tugas tersendir termasuk kegiatan – kegiatan rutin harian usaha yan6 menuntut spesialisasi tersendiri dengan programnya masing – masing. Selanjutnya untuk menghasilkan keuntungan yan6 diharapkan perusahaan juga harus memperhatikan masalah harga, dimana harga adalah salah satu variabel pemasaran yan6 perlu diperhatikan oleh manajemen perusahaan karena harga akan langsung mempengaruhi besarnya Keputusan Pembelian dan laba yan6 dicapai oleh perusahaan.

Informasi dari para pengusaha menyan6kut perkembangan usaha, maka penulis mengembangkan dalam bentuk penelitian yan6 bersifatnya ilmiah. Alasan usaha tempahan aluminium mulai berkembang di Kota Sigli tak lepas dari peran harga dari mulut-kemulut dan sosialisasi yan6 dilakukan pemilik usaha terhadap pelanggan yan6 datang tentang keunggulan dari produk hasil produksinya. Penulis juga menemukan faktor lain yaitu tentang kebijakan perusahaan yan6 sangat meyakinkan pelanggan, dimana pengusaha tempahan menawarkan jaminan kepada pelanggan terhadap produk hasil produksinya akan di ganti apabila dalam jangka kurang dari setahun produknya rusak maka akan menggantikan dengan yan6 lainnya.

Kebijaksanaan perencanaan produk, penyaluran barang maupun penggunaan media harga yan6 baik tidak akan menghasilkan sesuatu bila kebiaksanaan tentang harga tidak ikut diperhatikan. Dengan demikian harga sebuah produk atau jasa merupakan faktor penentu utama permintaan pasar, selain itu harga juga mempengaruhi bagian posisi, persaingan dan bagian satu kebijaksanaan dalam arti bahwa harga yan6 ditetapkan dapat terjangkau sesuai dengan tingkat kemampuan konsumen dan dilain pihak tidak merugikan perusahaan itu sendiri. Jadi suatu perusahaan harus menerapkan harga yan6 memiliki daya saing yan6 kuat, dimana bila didukung oleh kegiatan pengawasan lainnya dan manajemen yan6 baik maka diharapkan perusahaan tersebuat akan mampu menghargai para pesaing. Jadi dalam kegiatan penjualan, konsumen harus mendapatkan perhatian sepenuhnya, karena konsumen mempunyai kebebasan dalam memilih suatu barang yan6 disenanginya.

Harga suatu produk dapat dikomunikasikan kepada konsumen, dalam pemasaran produk hendaknya dipertimbangkan faktor-faktor apa saja yan6 dapat mempengaruhi pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk, sehingga bentuk harga yan6 diberikan harus mencakup hal-hal yan6 bersifat persuasif sehingga konsumen dapat tertarik untuk menggunakan produk yan6 dihasilkan oleh suatu usaha, baik itu usaha jasa maupun usaha pemasaran produk. Konsumen atau pelanggan mendapatkan suatu informasi tentang keunggulan dan kelemahan produk salah satunya adalah dari harga yan6 dilakukan oleh para pengusaha.

Setiap bentuk pelayanan memerlukan adanya kepastian atas pelayanan yan6 diberikan. Bentuk kepastian dari suatu pelayanan sangat ditentukan oleh jaminan dari pegawai yan6 memberikan pelayanan, sehingga orang yan6 menerima pelayanan merasa puas dan yakin bahwa segala bentuk urusan pelayanan yan6 dilakukan atas tuntas dan selesai sesuai dengan kecepatan, ketepatan, kemudahan, kelancaran dan kualitas layanan yan6 diberikan. Jaminan atas pelayanan yan6 diberikan oleh pemilik usaha dan pegawai sangat ditentukan oleh performance atau kinerja usaha, sehingga diyakini bahwa pegawai tersebut mampu memberikan pelayanan yan6 handal, mandiri dan profesional yan6 berdampak pada kepuasan pelayanan yan6 diterima. Selain dari performance tersebut, jaminan dari suatu pelayanan juga ditentukan dari adanya komitmen organisasi yan6 kuat, yan6 menganjurkan agar setiap pegawai memberikan pelayanan secara serius dan sungguh-sungguh untuk memuaskan orang yan6 dilayani. Bentuk jaminan yan6 lain yaitu jaminan terhadap pegawai yan6 memiliki perilaku kepribadian (personality behavior) yan6 baik dalam memberikan pelayanan, tentu akan berbeda pegawai yan6 memiliki watak atau karakter yan6 kurang baik dan yan6 kurang baik dalam memberikan pelayanan.

Keputusan Pembelian merupakan tingkat pencpaian pemasaran yan6 dihasilkan selama proses pemasaran berlangsung. Dkiralam menjalankan usaha setiap pengusaha harus bisa meningkatkan Keputusan Pembeliannya, dimana Keputusan Pembelian merupakan langkah awal yan6 diperkirakan oleh para pengusaha sebagai patokan efektiftidaknya pemasaran yan6 dijalankan selama proses pemasaran berlangsung. Namun selain itu pengusaha juga harus bekerja secara secara maksimal dalam pencapaian Keputusan Pembeliannya dengan tidak mengesampingkan hal-hal yan6 penting dalam menjalankan strateginya.

Faktor- faktor yan6 mempengaruhi Keputusan Pembelian dalam penelitian ini meliputi: harga dan jaminan. Setiap merek atas produk dan penjualan suatu perusahaan, memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri, yan6 dapat membedakannya dengan para pesaing. Pada kondisi demikian, akhirnya akan dapat ditemui adanya konsumen yan6 berperilaku setia kepada merek atau kepada penjualan tertentu. Melihat kondisi sebagaimana disebutkan di atas, maka salah satu upaya yan6 dapat dilakukan adalah perbaikan system pemasaran yan6 lebih efektif. Menurut pengalaman penulis, analisis konsumen yan6 dilakukan oleh usaha elektronik di Kota Sigli dalam kegiatan usahanya sangat menentukan atau memiliki pengaruh dalam usaha memperoleh konsumen yan6 sebanyak- banyaknya, sehingga dapat meningkatkan keputusan konsumen yan6 bisa meningkatkan Keputusan Pembeliannya.

Sehubungan dengan uraian latar belakang masalah di atas, maka penulis tertarik untuk menyusun skripsi ini dengan judul “Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli”.

1.2 Rumusan Masalah
Dengan mengacu pada uraian latar belakang tersebut, maka permasalahan yan6  dikemukakan adalah :
  1. Apakah Harga dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli?.
  2. Diantara variabel Harga dan Kualitas Produk manakah yan6 lebih dominan berpengaruh terhadap Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli?.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
  1. Untuk mengetahui apakah Harga dan Kualitas Produk mempunyai pengaruh terhadap Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli.
  2. Untuk mengetahui diantara variabel Harga dan Kualitas Produk manakah yan6 lebih dominan berpengaruh terhadap Terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli.
1.4  Kegunaan Penelitian
Manfaat dari penelitian yan6 dilakukan adalah :
  1. Sebagai bahan informasi bagi pihak manajemen perusahaan sehubungan dengan Harga dan Kualitas Produk manakah yan6 lebih dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Pompa Air Merek Sanyo di Ari Prima Kota Sigli”.
  2. Sebagai bahan referensi bagi pihak-pihak yan6 ingin melakukan penelitian sehubungan dengan masalah Harga dan Kualitas Produk manakah yan6 lebih dominan berpengaruh terhadap Terhadap Keputusan Pembelian.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Jasa Dalam konsep pemasaran modern telah dikatakan bahwa titik tolak dari kegiatan pemasaran ialah mengetahui kebu...