Jumat, 20 Oktober 2017

Pengaruh Distribusi Barang dan Profesional Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Asean Kota Beurnuen

Pengaruh Distribusi Barang dan Profesional Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam dunia bisnis yg semakin ketat, membuat para pengusaha berusaha mencari strategi yg tepat dalam memasarkan produknya. Beberapa faktor  yg membuat pengusaha harus merubah strategi adalah; semakin banyaknya pesaing (perusahaan) baru, merek baru, nilai guna baru, harga yg bersaing dan banyaknya agen/distributor sebagai perantara serta kebutuhan dan keinginan konsumen/pelanggan yg setiap saat berubah. Setiap perusahaan pada umumnya mempunyai tujuan utama yaitu memperoleh laba yg optimal. Apabila hal tersebut sudah tercapai otomatis kelangsungan hidup perusahaan dapat tercapai. Untuk mencapai tujuan tersebut merupakan tanggung jawab manajer perusahaan melalui pengelolaan faktor-faktor produksi seperti bahan baku, modal, tenaga kerja dan lain-lain, sehingga biaya dapat ditekan sekecil mungkin, yg mana biaya ini nantinya akan mempengaruhi harga jual.

Menetapkan strategi pemasaran bukanlah hal yg mudah, tetapi harus disertai dengan langkah membuat manajemen pemasaran yg terencana dan terkendali, jadi banyak hal yg harus dipertimbangkan dalam hal menetapkan strategi pemasaran. Suatu pasar tertentu biasanya dilayani oleh beberapa perusahaan sejenis, karena itu perusahaan harus mempunyai kemampuan dalam menghadapi saingan di pasar dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Dengan kata lain perusahaan harus dapat selalu tanggap dengan lingkungannya, baik eksternal maupun internal dalam usaha merebut pangsa pasar. Pendistribusian  barang merupakan suatu struktur yg menggambarkan alternatif saluran yg dipilih dan menggambarkan situasi pemasaran yg berbeda oleh berbagai perusahaan.Hanya dengan mengetahui bahwa suatu produk bermanfaat baginya, sebenarnya belumlah merupakan jaminan bahwa pembeli akan selalu setia pada produk tersebut. Syarat lain yg perlu dipenuhi agar pembeli dapat setia pada produk tersebut adalah setiap saat produk tersebut diperlukan, pembeli dapat memperolehnya dengan mudah ditempat yg diinginkan atau terdekat. Sebab bagaimanapun sempurnanya suatu produk atau jasa, tidak akan berarti apa-apa bila berada jauh dari jangkauan pelanggan.

Perusahaan yg akan menjadi objek penelitian ini toko Asean salah satu perusahaan yg menjual produk grosir, dengan bahasa yg umum digunakan untk masyarakat Beurnuen yaitu toko barang bangunan. Alasan memilih toko Asean sebagai objek penelitian ini mengingat perkembangan toko grosir di Aceh berkembang pesat dan nomor satu di bidang usaha pemasaran yg mengalah usaha-usaha lainya dan toko grosir merupakan usaha yg menerapkan strategi saluran distribusi barang disebabkan banyaknya kebutuhan dan permintaan terhadap barang meterial untuk keperluan pembangunan.

Toko Asean adalah salah satu perusahaan lokal yg berkembang pesat di Beurnuen. Toko Asean tersebut juga telah didukung oleh beberapa faktor, salah satu yg paling mempengaruhi perkembangan usaha grosir khususnya toko Sehati di sebabkan oleh kehadiran rehabilitas dan rekonsilitas menygkut pembangunan perumahan masyarakat yg menggunakan dana otonomi khusus dan dan daerah, sehingga secara tidak langsung perusahan grosir berkembang dan harus bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain yg mulai melirik usaha di bidang pemasaran grosir. Salah satu strategi yg paling berperan dalam kesuksesan usaha grosir yaitu dangan memberlakukan Discovery Order (DO) artinya berupa dokumen yg berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang kepada pembawa surat tersebut, yg ditujukan kepada bagian yg menyimpan barang (Bagian gudang) milik perusahaan atau bagian gudang. Strategi ini cukup diminati oleh konsumen disebabkan masyarakat atau konsumen yg mayoritas masyarakat Aceh lebih suka mencicil pembayarannya.

Selain itu perusahaan juga harus memperhatikan berbagai faktor penting dalam mengikat konsumen, salah mungkin dangan profesionalisme karyawan dalam melayani konsumen. Alasan perusahaan harus memperhatikan faktor tersebut karena apabila perusahaan memilki karyawan yg bekerja secara profesional maka akan mendapat perhatian khusus dari konsumen perihal keseriusan usaha dalam melayani konsumen baik pelayanan dalam memasarkan produk, sikap dan kehati-hatian karyawan dalam bekerja. Oleh sebab itu, perusahaan khususnya toko Asean harus menetapkan karyawan sesuai dengan keahliannya supaya karyawan bekerja secara profesional dan bisa diharapkan sesuatu yg positif untuk perusahaan. Sesuatu yg dianggap sepele oleh perusahaan bukanlah membuat perusahaan itu maju, melainkan menjadi suatu penghalang yg besar untuk kemajuan perusahaan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang; “Pengaruh Distribusi Barang dan Profesional Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Asean Kota Beurnuen”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yg telah diuraikan di atas, maka penulis merumuskan permasalahanya sebagai berikut:
  • Apakah pengaruh distribusi barang dan profesional karyawan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada toko Asean Kota Beurnuen?
  • Variabel manakah yg paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada toko Asean Kota Beurnuen?
1.3 Tujuan penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel yaitu distribusi barang dan profesional karyawan terhadap kepuasan konsumen pada toko Asean Kota Beurnuen?
  • Untuk mengetahui variabel yg paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada toko Asean Kota Beurnuen?
1.4 Manfaat Penelitian
1.4.1  Manfaat Teoritis
  • Sebagai bahan referensi untuk penelitian selanjutnya dalam membandingkan teori-teori dalam penelitian ini.
  • Sebagai pustaka untuk para mahasiswa dalam pembelajaran melakukan penelitian tentang pengaruh distribusi barang dan profesional karyawan terhadap kepuasan konsumen.
1.4.2 Manfaat Praktis
  • Sebagai bahan pertimbang perusahaan dalam menggelutin usaha menygkut usaha toko grosir.
  • Sebagai bahan pembelajaran untuk perusahaan dalam mengambil kebijakan perusahaan menygkut strategi-strategi pemasarannya.
Untuk file lengkap silakan hubungi : 085275077070

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Pemasaran Jasa Menurut Para Ahli

Pengertian Pemasaran Jasa Dalam konsep pemasaran modern telah dikatakan bahwa titik tolak dari kegiatan pemasaran ialah mengetahui kebu...