Pengertian Pemasaran Menurut Definisi Para Ahli
Definisi Pemasaran Menurut Definisi Para Ahli:
Menurut Kotler (2004:7), “Pemasaran adalah suatu proses
sosial dan manajerial yang didalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan
produk yang bernilai dengan pihak lain.”
Menurut Boyd, dkk (2000:4), “Pemasaran adalah suatu proses
yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan
perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran
dengan pihak lain”.
Menurut Downey (2002:3), ”Pemasaran didefenisikan sebagai
telaah terhadap aliran produk secara fisik dan ekonomik dari produsen melalui
pedagang perantara sampai ke tangan konsumen”.
Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan sistem
keseluruhan dari kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun
pembeli potensial. (Stanton, 2002 : 4 & 5).
Berdasarkan definisi
tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan bisnis harus
berorientasi ke pasar atau konsumen. Keinginan konsumen juga harus dipuaskan
secara efektif. Agar pemasaran berhasil maka perusahaan harus memaksimalakn
penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang.
Dalam iklim ekonomi seperti apapun,
pertimbangan-pertimbangan pemasaran tetap merupakan faktor yang sangat
menentukan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di sebuah perusahaan.
Konsep pemasaran modern diakui peranannya sebagai penyumbang langsung untuk
mendapatkan laba serta volume penjualan.
Sebuah perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pasar yang
peka terhadap perubahan yang penuh persaingan saat ini apa yang bisa dijual,
dan rancangan apa yang harus didayagunakan untuk memikat pelanggan yang
waspada. Untuk itu seorang Direktur Utama nggak dapat membuat rencana,
Manajemen Produksi nggak dapat mengelola, Kepala keuangan nggak dapat
merencanakan anggaran dan Insinyur nggak dapat membuat rancangan tanpa adanya
ketetapan dasar dari pasar yang telah ditentukan sebelumnya.
Banyak departemen ataubagian yang ada di sebuah perusahaan
yang berfungsi penting bagi pertumbuhan perusahaan itu akan tetapi departemen
atau bagian pemasaran masih merupakan satu-satunya kegiatan yang menghasilkan
pendapatan. Dengan demikian nggak
satupun perusahaan yang mampu bertahan bilamana perusahaan tersebut nggak mampu
memasarkan barang-barang atau jasa-jasa yang dihasilkan.
Referensi
- Kotler, Philip, dkk, 2000, Manajemen Pemasaran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable, cetakan Kedua, Gramedia Pusat Utama, Jakarta.
- Kotler, Philip, dan Armstrong, 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.
- Boyd, Harper W, 2000, Manajemen pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, jakarta.
- David, Downey, 2002, Manajemen Agribisnis, Buku Keempat, Erlangga, Jakarta.
- Stanton, William. J, 2000, Prinsip Pemasaran, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar